Mengenal 7 Pasar Unik Di Dunia



Setiap pasar di berbagai penjuru negara, pada umumnya menjual segala keperluan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, seperti bahan pokok hingga perabotan. Bahkan ada yang mengatakan, bahwa jika kita ingin mengenal keunikan dan mencari ciri khas di suatu negara, kunjungi saja pasar tradisionalnya. Karena konon, pasar merupakan sebuah cerminan dari suatu budaya yang dianut oleh daerah tersebut. Bahkan, di beberapa negara, terdapat pasar-pasar unik yang menjual berbagai benda-benda aneh! Ada yang menjual potongan tubuh hewan, sampai perlengkapan peedukunan loh. Penasaran?  Berikut 7 pasar unik dan aneh di berbagai belahan dunia.

Pasar Laba-Laba, Spiderville - Kamboja

Sesuai dengan namanya, pasar Spiderville menjual berbagai macam makanan dan cemilan yang terbuat dari laba-laba! Di pasar ini, anda akan menemukan beragam jenis cemilan yang berasal dari berbagai macam jenis laba-laba dan tarantula. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menemukan tarantula sebesar ukuran telapak manusia dewasa yang dijual hidup-hidup. Menurut pengakuan orang-orang yang menyantap cemilan ekstrem ini, rasa dari cemilan laba-laba yang dijual di pasar ini terasa gurih dan nikmat, bahkan ada yang menyebut bahwa rasa dari laba-laba terasa seperti perpaduan daging ayam dan daging ikan. Tertarik untuk mencoba?

Pasar Kontainer, FREITAG Flagship Store Z├╝rich - Swiss

Freitag, sebuah perusahaan di negara Swiss memiliki cara unik untuk memanfaatkan kontainer yang sudah usang. Jika pada umumnya, kontainer-kontainer yang sudah usang dab tidak terpakai dibiarkan begitu saja, oleh perusahaan Freitag mengubah kontainer-kontainer tidak terpakai tersebut menjadi sebuah pasar. Kontainer-kontainer bekas dikumpulkan dan ditumpuk menjadi satu, lalu di desain sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah toko. 

Peletakkan kontainer yang aerodinamis, menjadikannya sebuah pemandangan unik yang mampu memikat para turis. Dibutuhkan sebanyak 17 kontainer usang, yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk sebuah pasar unik yang memiliki tinggi 26 meter ini. Tidak hanya itu, di bagian atas pasar unik ini, terdapat sebuah teleskop yang memungkinkan para pengunjung untuk bisa melihat pemandangan pelabuhan dari atas ketinggian.

Pasar Pengantin, Gipsy Bride Market - Bulgaria

Mungkin konsep pasar ini bisa sangat digemari jika diterapkan di Indonesia. Pasar Gipsi atau yang bisa disebut dengan pasar pengantin, merupakan sebuah tempat dimana para gadis yang belum menikah, datang dan berkumpul untuk menunggu para pria yang akan mengajaknya  menjadi pasangan hidup. Para pria yang datang, bebas memilih gadis mana yang ingin mereka ajak berkenalan, jika beruntung, beberapa pria yang datang ke pasar ini akan diajak sang gadis untuk berdansa bersama. 

Pasar Gypsi biasanya diadakan pada hari sabtu pertama, setelah perayaan paskah, orang tua para calon pengantin ini yakin dan percaya jika putri mereka akan memiliki hidup yang lebih bahagia, jika menemukan pasangan hidupnya di pasar ini. Namun, selayaknya sebuah proses penjajakan, sebelum mengajak sang gadis ke hubungan yang lebih serius, terlebih dahulu sang pria harus meminta restu dengan keluarga sang gadis. Tertarik untuk datang?

Pasar Payung Bekas, Rozelle Market- Australia

Meskipun pasar ini banyak menjual payung-payung bekas, pasar unik ini adalah salah satu pasar bersejarah di Australia. Bisa dibilang pasar ini memang merupakan tempat khusus untuk menjual berbagai macam barang tua atau bekas. Disini anda bisa berbelanja pakaian, handuk, mainan, hingga payung bekas, jika beruntung, Anda bahkan bisa menemukan berbagai macam buku kuno yang langka. Tetapi sesuai dengan namanya, di pasar ini Anda akan lebih banyak menemukan berbagai macam payung dari segala ukuran dan bentuk. Selain payung bekas dan baru, anda bisa menemukan payung-payung cantik yang antik. 

Pasar Hewan-Hewan Yang Diawetkan, Deyrolle - Paris

Bagi anda penggemar bangkai-bangkai hewan yang diawetkan, maka Deyrolle adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di sini, anda bisa menemukan berbagai macam bagian tubuh hewan yang diawetkan, seperti kepala rusa, kulit harimau, beruang utuh yang diawetkan, bahkan tulang belulang hewan pun diperjual belikan di sini. Pasar Deyrolle sendiri terletak di salah satu sudut kota Paris, Perancis, pasar unik ini pertama kali dibuka pada tahun 1831 oleh seorang pemburu ulung bernama Emile Deyrolle. Ia juga merupakan seorang arkeolog yang gemar mengumpulkan berbagai jejak-jejak peninggalan makhluk hidup di berbagai penjuru dunia. Bahkan, koleksi barang-barang aneh yang dijual di pasar Deyrolle ini mencapai ribuan loh! 

Pasar Para Penyihir, The Witches' Market - Bolivia

Tidak seperti pasar pada umumnya, pasar yang berada di dataran Amerika Selatan, tepatnya di kota La Paz Bolivia ini menjual berbagai barang-barang unik dan tidak biasa. Ditempat ini, anda bisa menemukan berbagai macam kebutuhan penunjang bagi para penyihir, dokter, dukun, ahli astrologi hingga peramal. Berbagai macam barang aneh dan berbau mistis bisa anda temukan disini, seperti janin dari berbagai macam hewan yang telah dikeringkan (konon digunakan oleh para peramal untuk berbagai macam ritual). Selain janin hewan, ada juga bangkai katak, bulu burung hantu, dan batu asteroid yang sering digunakan sebagai jimat. 

Pasar Voodoo, Akodessawa Fetish Market - Afrika 

Jangan harap anda bisa menemukan sayuran ataupun daging segar saat berkunjung ke pasar yang satu ini. Sebab, pasar yang berada di daerah Lome, Negera Togo Afrika Barat ini hanya menjual berbagai macam benda misterius dan aneh! Di pasar ini, anda hanya akan menemukan berbagai macam potongan tubuh hewan seperti kaki gajah, tanduk rusa, kepala macan, hingga jantung kuda. Jangan salah, semua potongan tubuh hewan tersebut bukan untuk dimasak ataupun dijadikan hiasan, karena hampir semua barang aneh ini digunakan sebagai bahan olahan obat-obatan tradisional yang dijamin manjur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meskipun terdengar menyeramkan, namun cara inilah yang digunakan oleh para pendeta voodoo di Lome untuk menyembuhkan para pasiennya. 

Meskipun terlihat aneh, unik dan menyeramkan, nyatanya pasar-pasar unik ini tidak pernah sepi pembeli. Kembali lagi esensi dari sebuah pasar, semua barang-barang yang dijual, ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan sudah menjadi tradisi budaya yang dianut oleh daerah-daerah tersebut. Maka dari itu, di Indonesia anda tidak akan menemukan pasar yang menjual segala kebutuhan dukun, karena hal tersebut dianggap tabu, begitu pula dengan di Bolivia, di sana tidak ada pasar apung seperti yang ada di Kalimantan karena letak wilayah nya tidak mempunyai aliran sungai. 

Tertarik untuk mengunjungi pasar-pasar unik diatas? Jika iya, anda bisa mencari promo tiket pesawat Garuda Indonesia yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju kota-kota besar di seluruh penjuru dunia. Untuk menemukan promo tiket pesawat Garuda Anda bisa mendapatkannya melalui website tiket murah yang banyak tersedia di situs-situs online. Tunggu apalagi, temukan promo tiket pesawat Garuda sekarang juga dan dapatkan harga terbaik untuk menikmati penerbangan ke seluruh dunia, dengan melakukan pemesanan tiket secara online melalui website tiket murah di Reservasi.com  Selamat berbelanja!  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aneka Ragam Power Bank Terbaik dari Berbagai Merek Berkualitas di Blanja

5 Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

7 Hal Kreatif yang Bisa Dilakukan Sesuai Minat