6 Cara Hemat Listrik di Rumah

6 Cara Hemat Listrik di Rumah

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan dari zaman, saat ini semakin banyak penggunaan berbagai macam peralatan elektronik yang akan mempermudah pekerjaan manusia. Tentunya, setiap peralatan elektronik juga memerlukan energi listrik yang Anda bayarkan setiap bulannya. Semakin banyaknya alat elektronik yang Anda gunakan, tentu akan semakin besar juga konsumsi energinya. Dampaknya, semakin mahal biaya yang dibayarkan untuk listrik setiap bulannya. Meski sudah termasuk ke dalam anggaran pengeluaran bulanan, Anda juga harus peka terhadap penggunaan listrik di rumah. Karena ternyata Anda bisa melakukan penghematan saat menggunakan listrik dengan beberapa cara. Tentunya, cara-cara ini harus dijadikan kebiasaan yang diterapkan oleh seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah. Karena bagaimanapun juga yang menggunakan peralatan elektronik adalah seluruh anggota. Simak tipsnya di bawah ini!

Rawat AC

Gunakanlah AC di rumah Anda dengan bijak. Jangan gunakan pada saat yang tidak tepat, pada saat sedang hujan misalnya karena tidak berfungsi dengan optimal. Biasakan juga untuk mematikan AC sebelum meninggalkan ruangan. Pada saat malam hari juga gunakan fungsi timer yang bisa diakses di remote AC agar bisa mati pada jam-jam tertentu yang sudah diatur sebelumnya. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan service AC Semarang secara rutin. Hal ini dilakukan agar kondisi AC selalu terjaga kebersihannya dari kotoran dan debu yang menempel. Dengan bersihnya kondiri AC, membuat konsumsi listrik juga. 

Buka Ventilasi

Anda juga bisa menghemat pemakaian berbagai macam peralatan elektronik hanya dengan membuka ventilasi. Udara yang segar akan masuk menyeruak ke dalam rumah dan membuat rumah Anda jadi sejuk secara alami. Karena itu, Anda tidak perlu untuk menyalakan AC atau kipas angin untuk beberapa saat. Cahaya yang masuk juga bisa membuat Anda lebih menghemat listrik dengan tidak perlu menyalakan lampu. Hanya dengan membuka sebuah ventilasi, Anda bisa melakukan penghematan konsumsi listrik yang cukup besar. Karena itu, bukalah setiap ventilasi yang ada di dalam rumah Anda.

Hemat Saat Mencuci

Ternyata, untuk mencuci Anda juga harus melakukan penghematan. Dalam cara apakah penghematan tersebut? Ubah kebiasaan Anda untuk mencuci baju setiap hari. Cucilah baju jika dirasa sudah banyak menumpuk di dalam keranjang pakaian. Jangan membiasakan hanya mencuci satu atau dua helai di mesin cuci karena tidak efektif dan hanya terkesan buang-buang listrik saja. Apalagi jika kotornya hanya sedikit dan bisa dibersihkan secara manual saja.

Sama juga halnya dalam mencuci piring. Lebih baik jika mencuci piring dalam jumlah yang banyak. Jika tumpukan piring kotor sudah cukup banyak, barulah mulai mencuci. Dengan ini, Anda bisa menghemat kerja pompa air dan menghemat listrik. Tentu, Anda juga menghemat air yang mengalir. 

Saluran Air

Karena letaknya yang cukup tidak terlihat ini, mungkin Anda tidak peka terhadap masalahnya. Jika pipa saluran air mengalami kebocoran, tangki air di kamar mandi akan lebih cepat dan lebih sering untuk habis. Jika Anda mengalami masalah itu, segera perbaiki saluran air agar tidak ada air yang terbuang dan jadi lebih hemat dalam konsumsi listrik.

Ganti Lampu LED

Segera ganti bola lampu Anda jika masih menggunakan bohlam. Dengan menggunakan lampu LED, tagihan listrik Anda dapat berkurang karena lampu LED tidak banyak menggunakan energi listrik. Selain hemat energi dan ramah lingkungan, lampu LED juga tidak menghasilkan panas yang berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aneka Ragam Power Bank Terbaik dari Berbagai Merek Berkualitas di Blanja

5 Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

4 Lokasi dengan Nama Aneh yang Beri Pengalaman Traveling Baru